Kamis, 06 Februari 2014

JENIS-JENIS PORT PADA CPU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



PORT-PORT PADA CPU

Suatu Unit komputer terdsiri dari CPU, Monitor, Keyboard, dan Mouse. CPU merupakan system unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Pada umumnya port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, dan peripheral lainnya. Dalam hal ini siswa diharapkan mengerti dan mampu  merangkai console/system unit, monitor, keyboard dan mouse dengan benar.

Sumber Belajar : Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga

Langkah Kerja :
1.    Baca  materi macam-macam Port  berikut :
2.    Perhatikan demonstrasi gurumu
3.    Praktikan secara berkelompok.
4.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan

JENIS-JENIS PORT

Di dalam bidang teknologi informasi, komputer merupakan alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi merupakan hasil dari data-data yang diinput. Input yang dikenal oleh komputer adalah bilangan 0 dan 1 sebagai bilangan biner (Binary Code Decimal). Setelah data tersebut diinput, selanjutnya komputer melakukan suatu proses dalam piranti prosesor. Di dalam prosesor, dilakukan pemprosesan data baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan, dan sebagainya.
Dalam melakukan tugas tersebut tentunya komputer terdiri dari berbagai perangkat yang saling terhubung dan membentuk saatu kesatuan.
Suatu Unit komputer terdsiri dari CPU, Monitor, Keyboard, dan Mouse. CPU merupakan system unit atau console yang memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Pada umumnya port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, dan peripheral lainnya.
Berikut ini jenis port.
1.      Port serial, port yang memiliki 9 pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal.
2.      Port paralel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal.
3.      PS/2, port ini biasa disebut port serial type 2 yang digunkaan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk keyboar berwarna ungu dan untuk mouse berwarna hijau.
4.      USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multifungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat, seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya.

Untuk memasang port-port komputer tersebut, sebaiknya komputer dalam keadaan mati dan dipasang pada posisi yang tepat dan tidak terbalik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakanj pada CPU maupun perangkat lainnya.

Peralatan Pendukung komputer :
1.      Instalasi listrik yang baik, Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna komputer. Kabel power yang digunakan harus benar-benar baik dan tahan terhadap panas. Hindari penggunaan sumber listrik secara bersama-sama dengan peralatan elektonika lainnya, hindari penggunaan kabel rol (gulung), karena kabel-kabel tersebut biasanya tidak tahan panas dan mengakibatkan terjadinya konsleting.

2.      Stabilizer, Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply komputer.

3.      Uninteruptible Power Supply (UPS), Alat ini sebagai penyimpan cadangan power (battery) apabila lampu padam.

4.      Air Conditioner (AC), Alat ini sebenarnya sebagai pendingin ruangan. Namun, AC juga sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang berlebihan pada komputer.

Pertanyaan !

1.      Jodohkan port berikut ini pada lokasi port yang benar pada gambar CPU dibawah ini !

(......) Port PS/2 mouse                        (......) Port PS/2 keyboard
(......) Port USB                       (......) Port paralel
(......) Port paralel                   (......) Port network
(......) Port serial                      (......) Port video (monitor)
(......) Port modem                  (......) Port sound card
(......) Port power supply         (......) Port serial









2.      Apa fungsi dari UPS ?
3.      Jelaskan kabel seperti apa yang  harus digunakan untuk komputer !
                                   
BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 2
Standar Kompetensi  : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar    : 1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur
Indikator                   :
·         Mendemonstrasikan menghidupkan komputer sesuai dengan prosedur baku
·         Mendemonstrasikan mematikan komputer sesuai dengan prosedur baku

LEMBAR PRAKTIKUM SISWA

CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER DENGAN BENAR

Komputer harus digunakan dengan prosedur yang benar agar komputer tidak mudah rusak, baik hardware maupun softwarenya. Pemakaian prosedur yang benar juga akan mendukung kelancaran kerja karena tidak ada gangguan kerusakan pada komputer. Dengan demikian, pengeluaran untuk memperbaiki komputer menjadi tidak ada, sehingga dapat menghemat biaya perawatan komputer.

Sumber Belajar :
1.    Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

1.      Perhatikan CD Interaktif
2.      Baca Materi Prosedur Untuk menghidupkan dan mematikan komputer
3.      Lepaskan  semua port yang ada dalam CPUdan susun lagi
4.      Hubungkan power supply ke sumber listrik
5.      Praktikum

Prosedur Untuk menghidupkan dan mematikan komputer
1.      Menghidupkan Komputer
·         Periksa kabel power apakah sudah tersambung pada UPS dan stabilizer sebelum UPS dan stabilizer  dihubungkan dengan listrik.
·         Periksa keyboard, mouse, dan monitor apakah sudah tersambung dengan portnya masing-masing.
·         Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A. Jika ada disket keluarkan.
·         Tekan Power UPS dan Stabilizer, kemudian tekan power pada CPU dan Monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
·         Setelah booting selesai akan tampil desktop berikut ini.

2.      Mematikan Komputer
Untuk keamanan file dalam hardisk diperlukan cara mematikan dengan benar :
·           Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup
·           Klik Start pada Taskbar
·           Klik Turn Off (untuk Windows XP)/ Shutdown untuk versi sebelumnya.
·           Klik Turn Off.
·           Tunggu sampai proses Logging off pada komputer selesai
·           Kemudian matikan monitor dan CPU akan mati secara otomatis.
·           Selanjutnya matikan perangkat yang lain seperti stabilizer dan UPS.


Praktikum

1.      Mempraktikkan menghidupkan dan mematikan komputer secara benar
·      Lepaskan hubungan kabel power pada CPU dan monitor
·      Lepaskan hubungan mouse dan keyboard dengan CPU
·      Lepaskan hubungan kabel data monitor dengan CPU
·      Hubungkan kembali semua kabel, mouse, keyboard sesuai tempatnya
·      Lakukan prosedur menghidupkan komputer
·      Lakukan prosedur mematikan komputer




BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 3
Standar Kompetensi  : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar    : 1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
Indikator                   :
·         Mendeskripsikan sejarah  perkembangan perangkat lunak
·         Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya
·         Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam operating system

LEMBAR DISKUSI SISWA

SEJARAH PERKEMBANGAN PERANGKAT LUNAK

Sebuah perangkat komputer tidak dapat dioperasikan tanpa adanya Perangkat lunak. Jadi perangkat lunak sangatlah berperan penting sekali dalam pengoperasian komputer. Jadi sangat perlu sakali kita mengetahui sejarah perkembangan, macam-macam dan fungsi dari perangkat lunak dalam komputer.

Sumber Belajar :
1.    Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

  1. Baca informasi tentang sejarah perkembangan perangkat lunak melalui perpustakaan, majalah ataupun internet.
2.      Buat kelompok diskusi untuk mencari macam-macam kelompok perangkat lunak pengolah kata, internet, pengolah angka, dan grafis
3.      Kumpulkan dan mempresentasikan hasil diskusi

Sejarah Perkembangan Perangkat Lunak

Perangkat lunak adalah program yang berisi intruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Didalam teori hierarki informasi disusun mulai dari pengumpulan data / fakta, pengolahan dan pengurutan data dengan proses seleksi sampai menjadi suatu yang berguna berupa informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).
Data
Pengetahuan
Pengolahan data
Informasi
 




Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak, begitu pula sebaliknya. Dan setiap perangkat lunak yang digunakan harus disesuaikan dengan perangkat kerasnya. Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak menggunakan aljabar Boolean, yang direspresentasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar) dan 0 (salah), cara ini pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nibel (4 bit), byte (8 bit), word(16 bit), double word(32 bit). Bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang dikenal dengan assembler (bahasa mesin).
Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak di bagi menjadi beberapa era, yaitu :
1.    Era pemula (pionir)
2.    Era stabil
3.    Era mikro
4.    Era modern
Macam-macam perangkat lunak  atau software
Software terbagi menjadi 4 macam :
1.    Sistem Operasi (Operating System)

·         IBM-DOS
·         MS-DOS
·         Microsoft Windows
·         OS/2
·         OS/400
·         Linux
·         Unix
·         Sun Microsystem

2.    Program Aplikasi (Application Programs)
·         Word Processing, (WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan Microsoft Word)
·         Spreadsheet, (Lotus, SuperCalc, Quattro, Symphony, dan Microsoft Excel)
·         Presentasi, (Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash)
·         Database, (dBase III+, Fox Base, Foxpro, Microsoft Access)
·         Destop Publishing, (Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan Photoshop)
·         Multimedia, (Winamp, Real Player, Power DVD, Media Player)
·         Internet, ( Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Chat dan Massanger)
·         CAD (Komputer Aid Design), (AutoCAD)
3.    Bahasa Pemrograman (Programing Languange)
·         Bahasa tingkat rendah (low level language), (assembly Languange, Machine Languange, RPG)
·         Bahasa tingkat tinggi (hing level languange), (BASIC, COBOL, FORTRAN, PASCAL)
·         Bahasa generasi keempat (4 GL), (Visual Basic, Delphi, Visual C++).
4.    Program Bantu (Utility)
·         Norton Utility
·         WinZip
·         Norton Ghost
·         Antivirus




BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 4
Standar Kompetensi  : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar    : 1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa program aplikasi
Indikator                   :
·         Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat dalam operating system



LEMBAR DISKUSI SISWA

MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI

Banyak sekali program aplikasi yang saat ini ditawarkan oleh berbagai perusahaan software, tapi dalam operating systempun sebenarnya juga sudah di sedikan beberapa program aplikasi yang siap pakai, diantaranya adalah kalkulator, paint, wordpad, dll.

Sumber Belajar :
  1. Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

  • Aktifkan aplikasi pengolah kata dan pengolah gambar yang dimiliki oleh sistem operasi.
·         Praktikan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan Sistem Operasi, misalnya Microsoft Paint
·         Simpan  file dalam hardisk

Bahan Praktik

Melihat informasi tentang sistem komputer :
·      Klik menu Start
·      Arahkan pointer mouse pada All Program
·      Arahkan pointer mouse pada Accessories
·      Arahkan pointer mouse pada System Tool.
·      Klik System Informasi
·      Kemudian akan tampil jendela sistem informasi seperti disamping

Dalam tampilan disamping anda akan dapat mengetahui spesifikasi sistem operasi yang digunakan, prosesor, direktori, memori dan lain-lain.
Menggunakan Kalkulator
·         Klik menu Start
·         Arahkan pointer mouse pada All Program
·         Arahkan pointer mouse pada Accessories
·         Klik Calculator
·         Kemudian akan tampil jendela seperti disamping







Menggunakan WordP ad
·         Klik menu Start
·         Arahkan pointer mouse pada All Program
·         Arahkan pointer mouse pada Accessories
·         Klik WordPad
·         Kemudian akan tampil jendela seperti disamping



Menggunakan Paint
·         Klik menu Start
·         Arahkan pointer mouse pada All Program
·         Arahkan pointer mouse pada Accessories
·         Klik Paint
·         Kemudian akan tampil jendela seperti disamping




                                              


BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 5
Standar Kompetensi  : 2.    Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi
Kompetensi Dasar    : 2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator                   :
·           Mendeskripsikan fungsi komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
·           Menjelaskan proses kerja komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
·           Mengidentifikasi elemen sistem komputer
·           Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi
·           Mengindentifikasi perbedaan data dan informasi
·           Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan teknologi komunikasi



LEMBAR KERJA SISWA

FUNGSI KOMPUTER DAN PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Teknologi informasi merupakan subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menhasilkan informasi yang berguna. Teknologi informasi yang didukung teknologi komunikasi memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat keseluruh penjuru dunia. Teknologi informasi dan komunikasi selalu terkait dengan kemajuan teknologi komputer. Dalam perkembangannya, teknologi komunikasi telah memungkinkan dilakukannya komunikasi jarak jauh yang disebut telekomunikasi. Dalam hal ini akan dipelajari fungsi dan prinsip telekomunikasi, proses kerja teknologi komputer serta berbagai peralatan pendukungnya.

Sumber Belajar :
  1. Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

  • Perhatikan Penjelasan gurumu tentang fungsi komputer dan peralatan TIK
  • Sebutkan fungsi komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  • Baca Informasi tentang  proses kerja komputer
  • Jawab pertanyaan-pertanyaan.


A.       Fungsi Peralatan TIK
Komputer merupakan salah satu peralat teknologi informasi dan komunikasi. Selain komputer, peralatn lainnya antara lain : PDA (Personal Dagital Assistant), Televisi, dan Radio. Penciptaan peralatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media diharapkan dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan umat manusia.
Teknologi handphone dengan GPRS (General Packet Radio Service) dan CDMA (Code Division Multiple Access) yang dilengkapi dengan Bluetooth dan sinar Infra Red (IR) dapat dihubungkan pada Komputer atau Notebook(laptop) sehingga memudahkan kita untuk mencari informasi, berkomunikasi melalui Internet dimana saja kita berada.
Fungsi Komputer sebagai peralatan TIK antara lain :
1.         Sebagai media informasi
2.         Sebagai media komunikasi
3.         Sebagai media transaksi
4.         Sebagai media hiburan
B.       Proses Kerja Komputer dan Peralatan TIK
Input
Proses
Output




C.       Element Sistem Komputer
1.      Hardware (Perangkat Keras)
2.      Software (Perangkat Lunak)
3.      Brainware (Perangkat Otak)

D.       Data, Informasi, dan Siklus Informasi
Dalam pemprosesannya, komputer akan menghasilkan informasi dari data yang diinput. Data merupakan fakta yang dapat dilihat dan ditelaah. Data dan Informasi mempunyai hubungan sebab akibat. Jadi dapat disimpulkan Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media, sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan ketentuan tertentu.



Siklus Informasi.
Input
Proses
Output
Data
Informasi









Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengolahan informasi.
Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data dari perangkat yang satu kelainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas, yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulas, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia.


Pertanyaan :
1.      Apa perbedaan antara data dan informasi !
2.      Gambarkan siklus Informasi !
3.      Sebutkan dan jelaskan elemen sistem komputer !


BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 6
Standar Kompetensi  : 2.    Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi
Kompetensi Dasar    : 2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator                   :
·         Menjelaskan sejarah perkembangan komputer (teknologi informasi dan komunikasi)
·         Menjelaskan penggolongan komputer
·         Menggambarkan diagram komputer secara umum
·         Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
·         Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi komunikasi dan komunikasi beserta fungsinya



LEMBAR KERJA SISWA

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Komputer dari tahun ketahun selalu mengalami perkembangan yang hampir saja kita tidak dapat mengikuti perubahan-perubahan tersebut karena sangat cepat sekali, perkembangannya tersebut dapat digolongkan mejadi berberapa golongan berdasrkan fungsi dan kegunaanya dari komputr tersebut.

Sumber Belajar :
1.    Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

1.    Cari  informasi sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui internet / perpustakaan
2.    Golongkan  komputer berdasarkan data yang diolah, penggunaan, kapasitas dan generasinya
3.    Gambar diagram komputer
4.    Jawab pertanyaan-pertanyaan


Bahan :
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin, computare berarti ’menghitung’dan dalam bahasa inggris, to compute. Komputer tidak berfungsi sebagai alat hitung penggunaanya juga sudah sangat luas sekali. Beberapa definisi menurut para ahli :
1.      Hamacher, mesin penghitung elektonik yang cepat  dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2.      Jhon J. Longkutoy, alat pengolah data atau pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan tetapi penanganannya harus ditangani oleh ahlinya.
3.      Fuori, suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
4.      Blissmer, suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.       Menerima input,
b.      Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
c.       menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
d.      menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sejarah perkembangan komputer memiliki arti yang sangat penting bagi dunia. Pada tahun 1942, penemuan komputer oleh Jhon V. Atanasoff merupan salah satu peristiwa yang penting bagi dunia perkomputeran. Tetapi sebelum itu ada beberapa penemuan yang mendasarinya. Tetapi sejarah komputer elektronik modern dianggap mulai tahun 1942, berikut  urutan penemuan-penemuan komputer yang berperan dalam perkembangan komputer :
1.      Abacus
2.      Pascaline
3.      Difference Engine
4.      Punched Card
5.      Hollerith (Pemproses data otomatis)
6.      Electromechanical Accounting Machine.

Macam-macam Komputer
1.      Berdasarkan  Data yang diolah
a.    Komputer Analog
b.    Komputer Digital
c.    Komputer HIbrid
2.      Berdasarkan Penggunaanya
a.    Special purpose komputer
b.    General purpose komputer
3.      Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
a.    Micro Komputer
b.    Mini Komputer
c.    Small Komputer
d.    Medium Komputer
e.    Large Komputer
f.     Super Komputer
4.      Berdasarkan Generasinya
a.    Komputer generasi pertama (1946 – 1959)
b.    Komputer generasi kedua (1959 – 1964)
c.    Komputer generasi ketiga (1964 – 1970)
d.    Komputer generasi keempat (1970 – sekarang)
e.    Komputer generasi kelima

Perangkat Keras Komputer
1.      Unit Masukan
·         Keyboard
·         Mouse
·         Touchpad
·         Light pen
·         Joystick dan games paddle
·         Barcode
·         Scanner
·         Kamera digital
·         Mikrofon dan headphone
·         Graphics pads
2.      Unit Proses
·         Pemproses : Processor : ALU (Arithmetic Logical Unit), CU (Control Unit), Register, Cache memori, ROM, RAM.
·         Penyimpanan : Harddisk, Disket, CD, Flash disk, Zip drive, Digital audio tape, DVD.
·         Perpheral : LAN card, VGA card, Card Reader, Wireless network adapter, Wireless router, PC camera, Modem, Sound Card, TV Tuner card, Capture card.
3.      Unit Keluaran
·         Monitor
·         Printer
·         Plotter
·         Speaker
Pertanyaan :
1.      Sebutkan macam-macam perangkat input dan jelaskan fungsinya?
2.      Sebutkan macam-macam komputer berdasarkan generasinya ?
3.      Sebutkan dan Jelaskan Definisi Komputer berdasarkan para ahli !




BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 7
Standar Kompetensi  : 2.    Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi
Kompetensi Dasar    : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator                   :
·         Mengidentifikasi jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
·         Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi dengan menggunakan kabel dan nirkabel
·         Mengindentifikasi macam-macam modem yang digunakan dalam jaringan telekomunikasi
·         Menjelaskan cara kerja modem  pada jaringan telekomunikasi
·         Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi


LEMBAR DISKUSI SISWA

JARINGAN KOMPUTER
Dalam era teknologi seperti ini Informasi dan komunikasi sangat berperan penting, dan untuk menunjang tersebut saat ini kita dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi dan berkomunikasi menggunakan jaringan. Oleh sebab itu siswa akan di kenalkan dengan berbagai macam jenis dan peralatan jaringan komputer

Sumber Belajar :
1.    Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

  1. Perhatikan Penjelasan gurumu mengenahi jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
  2. Bacalah Ringkasan materi Jaringan Telekomunikasi dalam TIK
  3. Diskusikan kelebihan dan kekurangan jaringan kabel dan nirkabel
  4. Jelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
  5. Jelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi

Bahan :
Jaringan Telekomunikasi dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.    Jaringan Kabel (Wireline)
Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk berkomunikasi secara elektonik, Jaringan komputer wireline bekerja dengan menggunakan kabel-kabel sebagai penghubung antar komputer.
Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial, twisted pair, dan serat optik. Setiap komputer yang akan di hubungkan harus dilengkapi dengan kartu antar muka yang disebut NIC atau LAN. Setiap komputer yang terhubung harus mempunyai MAC Address atau IP Address yang berbeda-beda.
2.    Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
Untuk pengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio, Sinar inframerah, bluetooth, dan melalui gelombang mikro. Pembangunan jaringan nirkabel dalam lingkup kecil cukup sederhana sekali kita hanya tinggal memasang satu buah wireless access point sebagai hotspot dan beberapa wireless card adapter yang dipasangkan pada setiap komputer.
3.    Jaringan dengan Modem
a.       Modem Dial-Up (Modem Telepon)
b.      Cable Modem
c.       Modem DSL
4.    Jaringan dengan Satelit
Jaringan menggunakan satelit ini cakupan wilayahnya sangat luas sekali, bahkan meliputi dunia.


BAHAN AJAR


Nama Sekolah          : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata  Pelajaran         : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester         : X / Ganjil
Pertemuan                 : 8
Standar Kompetensi  : 2.    Memahami fungsi dan proses kerja  berbagai peralatan teknologi informasi dan  komunikasi
Kompetensi Dasar    : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator                   :
  • Mendeskripsikan macam-macam jaringan area lokal (local area network)
  • Mendeskripsikan sinyal dan transmisi dalam jaringan telekomunikasi
  • Mendeskripsikan prinsip komunikasi data dalam jaringan


LEMBAR KERJA SISWA

MACAM-MACAM JARINGAN
Jaringan komputer dalam pembuatannya perlu menggunakan berbagai macam cara dan design khusus sesuai dengan keperluan informasi yang digunakan, berikut akan dinahas macam-macam dan bentuk jaringan fisik dari jaringan komputer tersebut.

Sumber Belajar :
1.    Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2.    Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi & komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.

Langkah Kerja :

  1. Perhatikan CD interaktif mengenahi jaringan Local Area Network
  2. Baca dan Cari di Internet materi mengenahi Macam Macam jaringan dan Topologi Jaringan
  3. Buat Rangkuman

Bahan :

MACAM-MACAM JARINGAN
Jaringan Komputer berdasarkan Teknologi Tansmisi
1.      Jaringan Broadcast
2.      Jaringan point-to-point
Jaringan Komputer berdasarkan Jarak
1.      Local Area Network (LAN)
2.      Metropolitan Area Network (MAN)
3.      Wide Area Network (WAN)


·      Jaringan Logika
1.      Broadcast
2.      Token Passing
·      Jaringan Fungsi
1.      Client server
2.      Peer to peer

Teknik pengiriman sinyal dalam jaringan
1.      Baseband : pengiriman sinyal digital di mana transmisi data atau paket yang digunkan bersifat bidirectional yang digunakan pada jangkauan pendek dengan topologi bus. Kabel yang digunakan  adalah kabel coaxial dengan konektor T-BNC. Kabel ini sering disebut 10Base5 karena mempunyai rata-rata transmisi 10 Mbps dan dapat menjangkau 500 meter
2.      Broadband : teknik pengiriman sinyal analog dengan Frequency Division Multiplexing (FDM). Pengiriman sinyal dari stasiun akan melalui kabel inbound dan menerima sinyal melalui kabel outbound. Mampu mengirim suara dan video secara bersama.
Metode Transmisi Jaringan
·         Unicat
·         Multicast
·         Broadcast
Prinsip Komunikasi
Prinsip komunikasi merupakan protokol sebagai saluran yang mengatur komunikasi di antara beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Protokol terdapat dalam jaringan komputer fisik adalah sebagai berikut :
1.      Ethernet
2.      Localtalk
3.      Token Ring
4.      FDDI
5.      ATM

Tidak ada komentar: