PORT-PORT PADA CPU
Suatu Unit komputer terdsiri dari CPU, Monitor,
Keyboard, dan Mouse. CPU merupakan system unit atau console yang memiliki
beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer
dengan komputer atau dengan unit (device) lain. Pada umumnya port
digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse, dan peripheral lainnya.
Dalam hal ini siswa diharapkan mengerti dan mampu merangkai console/system unit, monitor,
keyboard dan mouse dengan benar.
Sumber Belajar : Rudi Hidayat, Nana
Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X,
Jakarta: Erlangga
Langkah Kerja :
1.
Baca materi macam-macam
Port berikut :
2. Perhatikan demonstrasi
gurumu
3. Praktikan secara
berkelompok.
4. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan
JENIS-JENIS PORT
Di dalam bidang teknologi informasi, komputer
merupakan alat yang dapat menyajikan informasi. Informasi merupakan hasil dari
data-data yang diinput. Input yang dikenal oleh komputer adalah bilangan 0 dan
1 sebagai bilangan biner (Binary Code Decimal). Setelah data tersebut
diinput, selanjutnya komputer melakukan suatu proses dalam piranti prosesor. Di
dalam prosesor, dilakukan pemprosesan data baik penjumlahan, pengurangan,
pembagian, perkalian, perpangkatan, dan sebagainya.
Dalam melakukan tugas tersebut tentunya komputer
terdiri dari berbagai perangkat yang saling terhubung dan membentuk saatu
kesatuan.
Suatu Unit komputer
terdsiri dari CPU, Monitor, Keyboard, dan Mouse. CPU merupakan system unit atau
console yang memiliki beberapa port. Port pada komputer berfungsi sebagai
antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau dengan unit (device)
lain. Pada umumnya port digunakan untuk menghubungkan monitor, keyboard, mouse,
dan peripheral lainnya.
Berikut ini jenis port.
1. Port serial, port yang memiliki 9 pin yang digunakan untuk
menghubungkan mouse, joystick, dan modem eksternal.
2. Port paralel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan
printer dan modem eksternal.
3. PS/2, port ini biasa disebut port serial type 2 yang
digunkaan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk keyboar berwarna ungu
dan untuk mouse berwarna hijau.
4. USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multifungsi yang
dapat digunakan pada beberapa perangkat, seperti mouse, keyboard, modem, card
wireless, dan lain sebagainya.
Untuk memasang port-port komputer tersebut,
sebaiknya komputer dalam keadaan mati dan dipasang pada posisi yang tepat dan
tidak terbalik. Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakanj pada CPU maupun
perangkat lainnya.
Peralatan
Pendukung komputer :
1. Instalasi listrik yang
baik,
Instalasi listrik yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna
komputer. Kabel power yang digunakan harus benar-benar baik dan tahan terhadap
panas. Hindari penggunaan sumber listrik secara bersama-sama dengan peralatan
elektonika lainnya, hindari penggunaan kabel rol (gulung), karena kabel-kabel
tersebut biasanya tidak tahan panas dan mengakibatkan terjadinya konsleting.
2.
Stabilizer, Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik
yang masuk ke power supply komputer.
3.
Uninteruptible Power Supply (UPS), Alat ini sebagai
penyimpan cadangan power (battery) apabila lampu padam.
4.
Air Conditioner (AC), Alat ini sebenarnya sebagai
pendingin ruangan. Namun, AC juga sangat bermanfaat untuk mengurangi panas yang
berlebihan pada komputer.
Pertanyaan !
1.
Jodohkan
port berikut ini pada lokasi port yang benar pada gambar CPU dibawah ini !
(......) Port PS/2 mouse (......)
Port PS/2 keyboard
(......) Port USB (......)
Port paralel
(......) Port paralel (......) Port network
(......) Port serial (......) Port video (monitor)
(......) Port modem (......) Port sound card
(......) Port power supply (......) Port serial
2.
Apa
fungsi dari UPS ?
3.
Jelaskan
kabel seperti apa yang harus digunakan
untuk komputer !
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 2
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengaktifkan dan mematikan komputer
sesuai dengan prosedur
Indikator :
·
Mendemonstrasikan menghidupkan komputer sesuai dengan
prosedur baku
|
·
Mendemonstrasikan mematikan komputer sesuai dengan
prosedur baku
|
LEMBAR PRAKTIKUM SISWA
CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN
KOMPUTER DENGAN BENAR
Komputer harus digunakan dengan
prosedur yang benar agar komputer tidak mudah rusak, baik hardware maupun
softwarenya. Pemakaian prosedur yang benar juga akan mendukung kelancaran kerja
karena tidak ada gangguan kerusakan pada komputer. Dengan demikian, pengeluaran
untuk memperbaiki komputer menjadi tidak ada, sehingga dapat menghemat biaya
perawatan komputer.
Sumber Belajar :
1. Rudi Hidayat, Nana Juana,
Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
1.
Perhatikan CD Interaktif
2.
Baca Materi Prosedur Untuk menghidupkan dan mematikan
komputer
3.
Lepaskan semua
port yang ada dalam CPUdan susun lagi
4.
Hubungkan power supply ke sumber listrik
5.
Praktikum
Prosedur Untuk menghidupkan dan mematikan komputer
1.
Menghidupkan Komputer
·
Periksa kabel power apakah sudah tersambung pada UPS dan
stabilizer sebelum UPS dan stabilizer
dihubungkan dengan listrik.
·
Periksa keyboard, mouse, dan monitor apakah sudah
tersambung dengan portnya masing-masing.
·
Periksa disket (Floppy Disk) pada floppy drive A.
Jika ada disket keluarkan.
·
Tekan Power UPS dan Stabilizer, kemudian tekan power pada
CPU dan Monitor. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
·
Setelah booting selesai akan tampil desktop berikut ini.
2.
Mematikan Komputer
Untuk keamanan file dalam hardisk diperlukan cara
mematikan dengan benar :
·
Pastikan semua program aplikasi sudah tertutup
·
Klik Start
pada Taskbar
·
Klik Turn Off (untuk Windows XP)/ Shutdown
untuk versi sebelumnya.
·
Klik Turn Off.
·
Tunggu sampai proses Logging off pada komputer selesai
·
Kemudian matikan monitor dan CPU akan mati secara
otomatis.
·
Selanjutnya matikan perangkat yang lain seperti stabilizer
dan UPS.
Praktikum
1.
Mempraktikkan menghidupkan dan mematikan komputer secara
benar
·
Lepaskan hubungan kabel power pada CPU dan monitor
·
Lepaskan hubungan mouse dan keyboard dengan CPU
·
Lepaskan hubungan kabel data monitor dengan CPU
·
Hubungkan kembali semua kabel, mouse, keyboard sesuai
tempatnya
·
Lakukan prosedur menghidupkan komputer
·
Lakukan prosedur mematikan komputer
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 3
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa
program aplikasi
Indikator :
·
Mendeskripsikan sejarah
perkembangan perangkat lunak
|
·
Mengenal beberapa kelompok aplikasi beserta fungsinya
·
Mengenal beberapa aplikasi yang terdapat dalam
operating system
|
LEMBAR DISKUSI SISWA
SEJARAH PERKEMBANGAN PERANGKAT
LUNAK
Sebuah perangkat komputer tidak
dapat dioperasikan tanpa adanya Perangkat lunak. Jadi perangkat lunak sangatlah
berperan penting sekali dalam pengoperasian komputer. Jadi sangat perlu sakali
kita mengetahui sejarah perkembangan, macam-macam dan fungsi dari perangkat
lunak dalam komputer.
Sumber Belajar :
1. Rudi Hidayat, Nana Juana,
Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
- Baca informasi tentang sejarah perkembangan perangkat lunak melalui perpustakaan, majalah ataupun internet.
2. Buat kelompok diskusi
untuk mencari macam-macam kelompok perangkat lunak pengolah kata, internet,
pengolah angka, dan grafis
3. Kumpulkan dan
mempresentasikan hasil diskusi
Sejarah Perkembangan Perangkat
Lunak
Perangkat lunak adalah program yang berisi
intruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Didalam teori hierarki
informasi disusun mulai dari pengumpulan data / fakta, pengolahan dan
pengurutan data dengan proses seleksi sampai menjadi suatu yang berguna berupa
informasi. Informasi yang disusun secara sistematis dengan suatu alur logika
tertentu menjadi knowledge (pengetahuan).
Data
|
Pengetahuan
|
Pengolahan data
|
Informasi
|
Perangkat keras tidak akan berfungsi tanpa adanya perangkat lunak, begitu
pula sebaliknya. Dan setiap perangkat lunak yang digunakan harus disesuaikan
dengan perangkat kerasnya. Bentuk paling sederhana dari perangkat lunak menggunakan
aljabar Boolean, yang direspresentasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1
(benar) dan 0 (salah), cara ini pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nibel (4 bit), byte (8 bit), word(16 bit),
double word(32 bit). Bentuk bit ini diubah menjadi kode-kode yang dikenal
dengan assembler (bahasa mesin).
Berdasarkan perkembangannya, perangkat lunak di bagi menjadi beberapa era,
yaitu :
1. Era pemula (pionir)
2. Era stabil
3. Era mikro
4. Era modern
Macam-macam perangkat lunak atau software
Software terbagi menjadi 4 macam :
1. Sistem Operasi (Operating
System)
·
IBM-DOS
·
MS-DOS
·
Microsoft Windows
·
OS/2
·
OS/400
·
Linux
·
Unix
·
Sun Microsystem
2. Program Aplikasi (Application
Programs)
·
Word Processing, (WordStar, Word Perfect, ChiWriter, dan
Microsoft Word)
·
Spreadsheet, (Lotus, SuperCalc, Quattro, Symphony, dan
Microsoft Excel)
·
Presentasi, (Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash)
·
Database, (dBase III+, Fox Base, Foxpro, Microsoft
Access)
·
Destop Publishing, (Ventura, Page Maker, CorelDraw, dan
Photoshop)
·
Multimedia, (Winamp, Real Player, Power DVD, Media
Player)
·
Internet, ( Internet Explorer, Mozilla Fire Fox, Chat dan
Massanger)
·
CAD (Komputer Aid Design), (AutoCAD)
3. Bahasa Pemrograman (Programing
Languange)
·
Bahasa tingkat rendah (low level language), (assembly
Languange, Machine Languange, RPG)
·
Bahasa tingkat tinggi (hing level languange), (BASIC,
COBOL, FORTRAN, PASCAL)
·
Bahasa generasi keempat (4 GL), (Visual Basic, Delphi,
Visual C++).
4. Program Bantu (Utility)
·
Norton Utility
·
WinZip
·
Norton Ghost
·
Antivirus
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 4
Standar Kompetensi : 1. Melakukan operasi dasar komputer
Kompetensi Dasar : 1.2. Menggunakan perangkat lunak beberapa
program aplikasi
Indikator :
·
Menggunakan beberapa program aplikasi yang terdapat
dalam operating system
|
LEMBAR DISKUSI SISWA
MENGGUNAKAN PROGRAM APLIKASI
Banyak sekali program aplikasi
yang saat ini ditawarkan oleh berbagai perusahaan software, tapi dalam
operating systempun sebenarnya juga sudah di sedikan beberapa program aplikasi
yang siap pakai, diantaranya adalah kalkulator, paint, wordpad, dll.
Sumber Belajar :
- Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
- Aktifkan aplikasi pengolah kata dan pengolah gambar yang dimiliki oleh sistem operasi.
·
Praktikan salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan
Sistem Operasi, misalnya Microsoft Paint
·
Simpan file dalam
hardisk
Bahan Praktik
Melihat informasi tentang
sistem komputer :
·
Klik menu Start
·
Arahkan pointer mouse pada All Program
·
Arahkan pointer mouse pada Accessories
·
Arahkan pointer mouse pada System Tool.
·
Klik System Informasi
·
Kemudian akan tampil jendela sistem informasi seperti
disamping
Dalam tampilan disamping anda akan dapat mengetahui spesifikasi sistem
operasi yang digunakan, prosesor, direktori, memori dan lain-lain.
Menggunakan Kalkulator
·
Klik menu Start
·
Arahkan pointer mouse pada All Program
·
Arahkan pointer mouse pada Accessories
·
Klik Calculator
·
Kemudian akan tampil jendela seperti disamping
Menggunakan WordP ad
·
Klik menu Start
·
Arahkan pointer mouse pada All Program
·
Arahkan pointer mouse pada Accessories
·
Klik WordPad
·
Kemudian akan tampil jendela seperti disamping
Menggunakan Paint
·
Klik menu Start
·
Arahkan pointer mouse pada All Program
·
Arahkan pointer mouse pada Accessories
·
Klik Paint
·
Kemudian akan tampil jendela seperti disamping
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 5
Standar
Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan
telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator :
·
Mendeskripsikan fungsi komputer dan peralatan teknologi
informasi dan komunikasi
|
·
Menjelaskan proses kerja komputer dan peralatan
teknologi informasi dan komunikasi
|
·
Mengidentifikasi elemen sistem komputer
|
·
Mengidentifikasi elemen siklus pemrosesan informasi
|
·
Mengindentifikasi perbedaan data dan informasi
|
·
Menjelaskan pengertian dari teknologi informasi dan
teknologi komunikasi
|
LEMBAR KERJA SISWA
FUNGSI KOMPUTER DAN PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Teknologi informasi merupakan
subsistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menhasilkan informasi
yang berguna. Teknologi informasi yang didukung teknologi komunikasi
memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat keseluruh penjuru
dunia. Teknologi informasi dan komunikasi selalu terkait dengan kemajuan
teknologi komputer. Dalam perkembangannya, teknologi komunikasi telah
memungkinkan dilakukannya komunikasi jarak jauh yang disebut telekomunikasi.
Dalam hal ini akan dipelajari fungsi dan prinsip telekomunikasi, proses kerja
teknologi komputer serta berbagai peralatan pendukungnya.
Sumber Belajar :
- Rudi Hidayat, Nana Juana, Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
- Perhatikan Penjelasan gurumu tentang fungsi komputer dan peralatan TIK
- Sebutkan fungsi komputer dan peralatan teknologi informasi dan komunikasi
- Baca Informasi tentang proses kerja komputer
- Jawab pertanyaan-pertanyaan.
A.
Fungsi Peralatan
TIK
Komputer merupakan salah satu peralat teknologi informasi
dan komunikasi. Selain komputer, peralatn lainnya antara lain : PDA (Personal
Dagital Assistant), Televisi, dan Radio. Penciptaan peralatan teknologi
informasi dan komunikasi sebagai media diharapkan dapat memberikan manfaat bagi
kesejahteraan umat manusia.
Teknologi handphone dengan GPRS (General Packet
Radio Service) dan CDMA (Code Division Multiple Access)
yang dilengkapi dengan Bluetooth dan sinar Infra Red (IR) dapat
dihubungkan pada Komputer atau Notebook(laptop) sehingga memudahkan kita untuk
mencari informasi, berkomunikasi melalui Internet dimana saja kita berada.
Fungsi Komputer sebagai peralatan TIK antara lain :
1.
Sebagai media
informasi
2.
Sebagai media
komunikasi
3.
Sebagai media
transaksi
4.
Sebagai media
hiburan
B. Proses Kerja Komputer dan Peralatan TIK
Input
|
Proses
|
Output
|
C. Element Sistem Komputer
1. Hardware (Perangkat Keras)
2. Software (Perangkat Lunak)
3. Brainware (Perangkat Otak)
D. Data, Informasi, dan Siklus Informasi
Dalam pemprosesannya, komputer akan
menghasilkan informasi dari data yang diinput. Data merupakan fakta yang dapat
dilihat dan ditelaah. Data dan Informasi mempunyai hubungan sebab akibat. Jadi
dapat disimpulkan Data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan
atau direkam ke dalam berbagai bentuk media, sedangkan informasi adalah data
yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan ketentuan
tertentu.
Siklus Informasi.
Input
|
Proses
|
Output
|
Data
|
Informasi
|
Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua
aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.
Teknologi Informasi, meliputi segala hal
yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan
pengolahan informasi.
Teknologi Komunikasi merupakan segala hal
yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentrasfer data
dari perangkat yang satu kelainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan
Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung
pengertian luas, yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan,
manipulas, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia.
Pertanyaan :
1.
Apa perbedaan antara data dan informasi
!
2.
Gambarkan siklus Informasi !
3.
Sebutkan dan jelaskan elemen sistem
komputer !
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 6
Standar
Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.1. Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan
telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator :
·
Menjelaskan sejarah perkembangan komputer (teknologi
informasi dan komunikasi)
|
·
Menjelaskan
penggolongan komputer
|
·
Menggambarkan diagram komputer secara umum
|
·
Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan untuk
teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
·
Mendeskripsikan macam-macam peralatan teknologi
komunikasi dan komunikasi beserta fungsinya
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Komputer dari tahun ketahun selalu mengalami
perkembangan yang hampir saja kita tidak dapat mengikuti perubahan-perubahan
tersebut karena sangat cepat sekali, perkembangannya tersebut dapat digolongkan
mejadi berberapa golongan berdasrkan fungsi dan kegunaanya dari komputr
tersebut.
Sumber Belajar :
1. Rudi Hidayat, Nana Juana,
Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
1. Cari informasi sejarah perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi melalui internet / perpustakaan
2. Golongkan komputer berdasarkan data yang diolah,
penggunaan, kapasitas dan generasinya
3. Gambar diagram komputer
4. Jawab
pertanyaan-pertanyaan
Bahan :
Sejarah Perkembangan Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin, computare
berarti ’menghitung’dan dalam bahasa inggris, to compute.
Komputer tidak berfungsi sebagai alat hitung penggunaanya juga sudah sangat
luas sekali. Beberapa definisi menurut para ahli :
1. Hamacher, mesin penghitung
elektonik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang
tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Jhon J. Longkutoy, alat pengolah data atau
pemecah persoalan yang mampu menghasilkan informasi yang diperlukan tetapi
penanganannya harus ditangani oleh ahlinya.
3. Fuori, suatu pemroses data
yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan
aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
4. Blissmer, suatu alat elektronik
yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
a.
Menerima input,
b.
Memproses input tadi sesuai dengan programnya,
c.
menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,
d.
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sejarah perkembangan komputer memiliki arti yang
sangat penting bagi dunia. Pada tahun 1942, penemuan komputer oleh Jhon V.
Atanasoff merupan salah satu peristiwa yang penting bagi dunia perkomputeran.
Tetapi sebelum itu ada beberapa penemuan yang mendasarinya. Tetapi sejarah
komputer elektronik modern dianggap mulai tahun 1942, berikut urutan penemuan-penemuan komputer yang
berperan dalam perkembangan komputer :
1. Abacus
2. Pascaline
3. Difference Engine
4. Punched Card
5. Hollerith (Pemproses data
otomatis)
6. Electromechanical
Accounting Machine.
Macam-macam Komputer
1. Berdasarkan Data yang diolah
a. Komputer Analog
b. Komputer Digital
c. Komputer HIbrid
2. Berdasarkan Penggunaanya
a. Special purpose komputer
b. General purpose komputer
3. Berdasarkan Kapasitas dan
Ukurannya
a. Micro Komputer
b. Mini Komputer
c. Small Komputer
d. Medium Komputer
e. Large Komputer
f. Super Komputer
4. Berdasarkan Generasinya
a. Komputer generasi pertama
(1946 – 1959)
b. Komputer generasi kedua
(1959 – 1964)
c. Komputer generasi ketiga
(1964 – 1970)
d. Komputer generasi keempat
(1970 – sekarang)
e. Komputer generasi kelima
Perangkat Keras Komputer
1. Unit Masukan
·
Keyboard
·
Mouse
·
Touchpad
·
Light pen
·
Joystick dan games paddle
·
Barcode
·
Scanner
·
Kamera digital
·
Mikrofon dan headphone
·
Graphics pads
2. Unit Proses
·
Pemproses : Processor : ALU (Arithmetic Logical Unit), CU
(Control Unit), Register, Cache memori, ROM, RAM.
·
Penyimpanan : Harddisk, Disket, CD, Flash disk, Zip
drive, Digital audio tape, DVD.
·
Perpheral : LAN card, VGA card, Card Reader, Wireless
network adapter, Wireless router, PC camera, Modem, Sound Card, TV Tuner card,
Capture card.
3. Unit Keluaran
·
Monitor
·
Printer
·
Plotter
·
Speaker
Pertanyaan :
1. Sebutkan macam-macam
perangkat input dan jelaskan fungsinya?
2. Sebutkan macam-macam
komputer berdasarkan generasinya ?
3. Sebutkan dan Jelaskan
Definisi Komputer berdasarkan para ahli !
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 7
Standar
Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan
telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator :
·
Mengidentifikasi jaringan telekomunikasi kabel dan
nirkabel
|
·
Menjelaskan perbedaan antara jaringan telekomunikasi
dengan menggunakan kabel dan nirkabel
|
·
Mengindentifikasi macam-macam modem yang digunakan
dalam jaringan telekomunikasi
|
·
Menjelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
|
·
Menjelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
|
|
LEMBAR DISKUSI SISWA
JARINGAN KOMPUTER
Dalam era teknologi seperti ini
Informasi dan komunikasi sangat berperan penting, dan untuk menunjang tersebut
saat ini kita dapat secara cepat dan mudah mengakses informasi dan
berkomunikasi menggunakan jaringan. Oleh sebab itu siswa akan di kenalkan
dengan berbagai macam jenis dan peralatan jaringan komputer
Sumber Belajar :
1. Rudi Hidayat, Nana Juana,
Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
- Perhatikan Penjelasan gurumu mengenahi jaringan telekomunikasi kabel dan nirkabel
- Bacalah Ringkasan materi Jaringan Telekomunikasi dalam TIK
- Diskusikan kelebihan dan kekurangan jaringan kabel dan nirkabel
- Jelaskan cara kerja modem pada jaringan telekomunikasi
- Jelaskan fungsi satelit pada jaringan telekomunikasi
Bahan :
Jaringan Telekomunikasi dalam
Teknologi Informasi dan Komunikasi
1. Jaringan Kabel (Wireline)
Fungsi jaringan adalah untuk berbagi sumber daya yang dimiliki dan untuk
berkomunikasi secara elektonik, Jaringan komputer wireline bekerja dengan menggunakan
kabel-kabel sebagai penghubung antar komputer.
Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial, twisted pair, dan
serat optik. Setiap komputer yang akan di hubungkan harus dilengkapi dengan
kartu antar muka yang disebut NIC atau LAN. Setiap komputer yang
terhubung harus mempunyai MAC Address atau IP Address yang berbeda-beda.
2. Jaringan Tanpa Kabel
(Wireless)
Untuk pengganti kabel sebagai penghubung dapat digunakan gelombang radio,
Sinar inframerah, bluetooth, dan melalui gelombang mikro. Pembangunan
jaringan nirkabel dalam lingkup kecil cukup sederhana sekali kita hanya tinggal
memasang satu buah wireless access point sebagai hotspot dan beberapa wireless
card adapter yang dipasangkan pada setiap komputer.
3. Jaringan dengan Modem
a.
Modem Dial-Up (Modem Telepon)
b.
Cable Modem
c.
Modem DSL
4. Jaringan dengan Satelit
Jaringan menggunakan satelit ini cakupan wilayahnya sangat luas sekali,
bahkan meliputi dunia.
BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Rogojampi
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas/Semester : X / Ganjil
Pertemuan : 8
Standar
Kompetensi : 2. Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi
dan komunikasi
Kompetensi
Dasar : 2.2. Menjelaskan fungsi, dan cara kerja jaringan
telekomunikasi (wireline, wireless, modem dan satelit)
Indikator :
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
MACAM-MACAM JARINGAN
Jaringan komputer dalam
pembuatannya perlu menggunakan berbagai macam cara dan design khusus sesuai
dengan keperluan informasi yang digunakan, berikut akan dinahas macam-macam dan
bentuk jaringan fisik dari jaringan komputer tersebut.
Sumber Belajar :
1. Rudi Hidayat, Nana Juana,
Deden Suryana. 2004. Teknologi Informasi & komunikasi untuk SMA Kelas X, Jakarta: Erlangga
2. Andi Purnomo, S.T. 2006. Teknologi Informasi &
komunikasi untuk Kelas 1 SMA: Yudhistira.
Langkah Kerja :
- Perhatikan CD interaktif mengenahi jaringan Local Area Network
- Baca dan Cari di Internet materi mengenahi Macam Macam jaringan dan Topologi Jaringan
- Buat Rangkuman
Bahan :
MACAM-MACAM JARINGAN
Jaringan Komputer berdasarkan Teknologi Tansmisi
1.
Jaringan Broadcast
2.
Jaringan point-to-point
Jaringan Komputer berdasarkan Jarak
1.
Local Area Network (LAN)
2.
Metropolitan Area Network (MAN)
3.
Wide Area Network (WAN)
·
Jaringan Logika
1.
Broadcast
2.
Token Passing
·
Jaringan Fungsi
1.
Client server
2.
Peer to peer
Teknik pengiriman sinyal dalam jaringan
1. Baseband : pengiriman
sinyal digital di mana transmisi data atau paket yang digunkan bersifat
bidirectional yang digunakan pada jangkauan pendek dengan topologi bus. Kabel
yang digunakan adalah kabel coaxial
dengan konektor T-BNC. Kabel ini sering disebut 10Base5 karena mempunyai
rata-rata transmisi 10 Mbps dan dapat menjangkau 500 meter
2. Broadband : teknik
pengiriman sinyal analog dengan Frequency Division Multiplexing (FDM).
Pengiriman sinyal dari stasiun akan melalui kabel inbound dan menerima sinyal
melalui kabel outbound. Mampu mengirim suara dan video secara bersama.
Metode Transmisi Jaringan
·
Unicat
·
Multicast
·
Broadcast
Prinsip Komunikasi
Prinsip komunikasi merupakan
protokol sebagai saluran yang mengatur komunikasi di antara beberapa komputer
dalam sebuah jaringan. Protokol terdapat dalam jaringan komputer fisik adalah
sebagai berikut :
1.
Ethernet
2.
Localtalk
3.
Token Ring
4.
FDDI
5.
ATM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar